Info Terbaru 2022

Nih...!!! Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Kurban

Nih...!!! Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Kurban
Nih...!!! Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Kurban
Hal yang perlu di perhatikan sebelum Kurban 'Idul Adha - Assalamualaikum sahabat muslim di seluruh penjuru dunai, supaya keselamatan dan kesejahteraan untuk anda semua, tak lupa sholwat dan salam kita tujukan kepada nabi kita Muhammad Shollallahualaihi Wassalam. Hari raya 'Idul Adha tinggal menghitung 1 hari lagi, apakah anda kan berkurban untuk tahun ini? selamat ya.. lantaran anda termasuk golongan Nabi Muhammad صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, untuk yang belum bisa saya doakan tahun depan bisa melakukan ibadah Kurban.


Banyak yang belum mangetahui akan makna kurban, baik dari segi ibadah ataupun syarat sahnya binatang yang akan di kurbankan, disini saya hanya share sedikit ilmu berdasarkan yang sudah saya pahami dari banyak sekali kajian.


Hukum Berkurban Hari Raya 'Idul Adha

Hukum kurban yaitu sunnah Muakkadah, artinya sunnah yang di tekankan jikalau anda mampu, bahkan jikalau anda bisa membeli namun tidak berkurban kata Rasulullah dalam suatu hadis yang diriwayatkan  Ahmad, Ibnu Majah dan Al-Hakim menshahihkannya bahwasannya; 


مَنْ كَانَ لَهُ سَعَةٌ وَلَمْ يُضَحِّ فَلاَ يَقْرَبَنَّ مُصَلاَّنَا

Dari Abi hurairah ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,”Siapa yang mempunyai kelapangan tapi tidak menyembelih qurban, janganlah mendekati daerah shalat kami”

Sabda rasulullah diatas yaitu sindiran kepada orang orang munafik pada masa itu.

Kemudian dalam Aquran Al-Kautsar : 2
فَصَل لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

"Maka dirikanlah shalat lantaran Tuhanmu dan berkurbanlah"

Saran saya jikalau anda bisa sebaiknya berkurbanlah walaupun hukumnya sunnah, jikalau dikerjakan menerima pahala, jikalau ditinggalkan tidak berdosa. Berbeda jikalau anda bernadzar sebelumnya "Jika tahun ini saya bisa membeli binatang kurban, maka saya akan berkurban" maka hukumnya wajib.


Pemilihan Hewan Kurban Kambing/Domba & Sapi

Hal yang penting anda perhatikan sebelum berkurban yaitu memahami pemilihan binatang kurban yang benar dan rukun berkurban...
  • Jika binatang yang dikurbankan yaitu kambing atau domba maka anda pilih yang terbaik, disarankan jenis kelamin jantan, gemuk, dan sehat tidak cacat walaupun bolong sedikit pada indera pendengaran atau patah tanduknya, atau juga tidak pincang.
  • Pastikan binatang kurban minimal umur 1 tahun, berlaku kambing dan sapi.
  • Kurban Kambing atau domba hanya untuk 1 orang , walaupun atas nama 1 keluarga namun pahala tetap 1 orang yang mengeluarkan biaya, walaupun urunan tetap berlaku untuk 1 orang.
  • Kurban Sapi maksimal boleh urunan maksimal 7 orang, sehingga kurang dari 7 orang diperbolehkan. Jika lebih dari 7 orang tidak boleh
  • Bekurban hanya untuk orang yang masih hidup, bukan untuk diniatkan kepada orang yang sudah meninggal, lantaran orang yang sudah meninggal hanya membawa amalnya sendiri, beda dengan doa, anda boleh berdoa kapada yang sudah meninggal.
  • Berkurban hanya berlaku tanggal 10 Dzul Hijjah sehabis sholat 'Idul Adha, dan 11, 12, 13 Dzul Hijjah sebelum terbenam matahari. Jika melewati tanggal 13 misalanya 14, 15 anda bukan kurban hari raya namun masuknya sedekah.
  • Daging binatang kurban dihentikan di jual belikan, "Jika engaku suka makanlah, jikalau tidak suka sedekahkanlah"
  • Yang penting lagi yaitu pastikan yang menyembelih orang muslim dengan ditandai mendirikan sholat fardhu. Tidak boleh orang yang tidak sholat "Perbedaan orang muslim dan orang kafir yaitu Sholat"
Demikianlah hal hal yang perlu diperhatikan sebelum berkurban, rujukan dari banyak sekali sumber kajian kemudian saya rangkum dihalaman ini.
Advertisement

Iklan Sidebar